oleh

Mesir – AS Perkuat Kesepakatan Gencatan Senjata Palestina Dan Israel

Lintasan7.com – Hampir seminggu setelah berlangsungnya kesepakatan gencatan senjata antara pihak Palestina (Hamas) dengan Israel menandai adanya babak baru untuk mewujudkan kondisi yang kondusif antara kedua belah pihak yang bersengketa dalam kurun waktu yang panjang.

Pertempuran yang berlangsung selama sebelas hari telah menimbulkan banyaknya kerusakan infrastruktur khususnya di pihak Palestina yang tercatat menewaskan lebih dari 200 jiwa rakyat sipil  termasuk anak-anak yang tak berdosa.

Pertempuran sebelas hari ini merupakan pertempuran yang lebih dahsyat sejak tahun 2014, mengingat bahwa pejuang Hamas mempunyai kekuatan signifikan dalam menyerang kota-kota strategis di Israel dengan meluncurkan roket Ayyash 250 yang dapat menjangkau ibu kota Israel Tel Aviv .

Walaupun Palestina tidak dalam posisi kekuatan yang berimbang dengan kekuatan militer Israel, namun setidaknya kemajaun persenjataan kelompok Hamas menjadi salah satu faktor yang ‘ memaksa’ pihak Israel untuk menerima gencatan senjata dengan syarat yang diajukan oleh pihak Hamas.

Dilansir dari Republika.co.id, Mesir bersama Amerika Serikat mengupayakan bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi internasional untuk Palestina dan menghidupkan kembali proses perdamain antara Palestina dan Israel  setelah terjadinya gelombang kekerasan terbaru. {*}

B. A. Iskandar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed