oleh

Kelangkaan Solar Di Sulsel Akibatkan Antrian Kendaraan Makin Parah

Lintasan7.com – Sudah dua pekan kelangkaan BBM khususnya solar terjadi dibeberapa daerah. Hal ini mengagakibatkan terhambatnya aktivitas kendaraan berbahan bakar solar. Khususnya ekspedisi darat dan pengangkut material bangunan dan industri.

Dari pantauan Lintasan7.com selama dua hari terlihat peningkatan antrian. Kendaraan yang mengantri sekitar pukul 01 dini hari baru bisa bergerak setalah pukul 14 siang hari. Tak heran jika sering ditemukan akhir-akhir ini kendaraan-kendaraan truk pengangkut kerap menginap di pinngir jalan sekitar SPBU.

Pernyataan Senior Supervisor Communication Pertamina MOR VII Sulawesi, Ahad Rahedi yang dilansir dari finance.detik.com mengatakan “adanya antrian belum tentu berarti terjadi kelangkaan, antrian juga bisa terjadi akibat peningkatan konsumsi, karena proses penyelesaian proyek-proyek infrastruktur jelang akhir tahun,”

Jika benar demikian berarti selama ini armada distribusi Pertamina MOR VII Sulawesi mengalami masalah, karena melihat acuan akhir tahun 2018 tidak terjadi seperti tahun ini.

Bila tiap SPBU rata-rata mendapatkan pasokan sekitar 8000 liter perhari berarti hanya 137 kendaraan yang mendapatkan jatah dengan batasan pengisian 300 ribu perkendaraan.

Ali seorang supir mengatakan, “saya menempuh rute Makassar-Barru dan semua SPBU sepanjang jalan mengalami antrian sama untuk mendapatkan solar, kami harus rela kehilangan waktu sampai sepuluh jam agar kendaraan bisa tetap beroperasi,” tuturnya.

Secara terpisah Rezky yang merupakan supir truk mengeluhkan hal yang sama. “Sebelumnya kami bisa menempuh dua kali muatan perhari, sekarang sisa sekali muat perhari. Itupun tiap SPBU terkadang menerapkan batasan pengisian solar, tidak boleh mengisi penuh, saya antri dari jam 12 siang sampai menjelang malam belum ada stock solar masuk ke SPBU,” tegasnya dengan wajah lesu.

Sampai berita ini diturunkan antrian kendaraan sudah mencapai  satu kilometer lebih disalah satu SPBU di daerah perbatasan Maros-Pangkep. Dan pasokan solar ke SPBU baru tiba sekitar pukul 7 malam. (*)

B.A. Iskandar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed